Sabtu, 19 September 2015

BAB 2 MOTIVASI DAN KEBUTUHAN

Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. 

Teori Kebutuhan

Teori Maslow : lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya mulai dari paling rendah, yaitu kebutuhan manusia biologis sampai paling tinggi, yaitu kebutuhan psikogenik. menurut teori ini, manusia berusaha memnuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi.
  1. Kebutuhan Fisiologis
  2. Kebutuhan Rasa Aman
  3. Kebutuhan Sosial
  4. Kebutuhan Ego
  5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Teori Motivasi McClelland : ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk berperilaku yaitu :
  1. Kebutuhan untuk sukses
  2. Kebutuhan untuk Afiliasi
  3. Kebutuhan Kekuasaan
Motivasi dan Segmentasi Pemasaran
Dua aplikasi penting dari teori motivasi
  1. Segmentasi ; produk atau jasa yang dipasarkan bisa diarahkan untuk targer pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen. Ini bisa dilakukan dengan membuat iklan yang berisi pesan mengenai kebutuhan konsumen yang bisa dipenuhi oleh produk atau jasa yang dipasarkan.
  2. Positioning : citra produk atau jasa yang ingin dilihat oleh konsumen. Intinya adalah persepsi konsumen terhadap produk atau jasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar