Senin, 14 September 2015

BAB 1 PERILAKU KONSUMEN

Pada kuliah pertama, materi yang disampaikan mengenai dasar dasar perilaku konsumen mulai dari definisi perilaku konsumen, perspektif riset perilaku konsumen, dimensi perilaku konsumen. alasan dan pelaku yang harus mempelajari perilaku konsumen serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen.
    .
Hal yang terlintas pertama kali dibenak kita saat mendengar konsumen dan perilaku konsumen meliputi :
1.     Pembeli, pengguna, pengambil keputusan, pelanggan
2.     Barang, jasa, merek, harga, kualitas
3.     Menawar, mencari, informasi, membandingkan merek
4.     Persepsi, sikap, gaya hidup, motivasi

Perilaku konsumen : memilih harga, suka menawar, memilih barang yang murah kalu bisa gratis, memilih kualitas, mengikuti tren, ikutan idola, mencari info tentang produk/jasa yang ingin di beli, melihat manfaat.

Perilaku konsumen dikalangan anak muda: ikutan tren, berlebihan, meniru gaya idola, tampil beda.

Perspektif riset perilaku konsumen tediri dari pengambilan keputusan, eksperiensial (pengalaman), dan pengaruh behavioral (sikap).

Dimensi perilaku konsumen meliputi bagaimana mendapatkannya, bagaimana mengkonsumsinya, dan bagaimana menghilangkan sisa konsumsi atau bagian yang tidak di konsumsi.

Perilaku konsumen di dunia:
1.      Memiliki kesamaan dan perbedaan perilaku
2.      Memakai pakaian dan aksesoris yang sama
3.      Globalisasi ekonomi, perdagangan serta budaya semakin meluas
4.      Batas geografi dan budaya semakin berkurang
5.      Program pemasaran agresif dari perusahaan multinasional

Dalam memanfaatkan barang dan jasa konsumen melalui tahapan pengambilan keputusan untuk mencapai kepuasaan didirinya.Tahapan-tahapan proses tersebut antara lain yaitu pengenalan kebutuhan,pencarian informasi,evaluasi alternatif ,pembelian,konsumsi dan tahap terakhir adalah kepuasan. Faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen antaralain yaitu strategi pemasaran,perbedaan individu dan faktor lingkungan. Dampak proses pengambilan keputusan yang baik menghasilkan perumusan strategi pemasaran yang lebih baik dan kebijakan publik yang dapat melindungi konsumen,serta perancangan pendidikan konsumen yang lebih baik.

Perilaku konsumen harus dipelajari karena menarik dan dinamis dan dapat pula dijadikan acuan dalam berbisnis.  Adapun yang harus mempelajari perilaku konsumen ini adalah pemasar atau produsen, pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, serta pemerintah dan anggota legislatif.

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil sebuah keputusan adalah adanya perbedaan individu, faktor lingkungan konsumen, dan strategi pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar